Mengatur Nomor Urut Secara Otomatis di Microsoft Excel

Dalam pekerjaan membuat tabel, kolom yang wajib selalu ada biasanya adalah nomor urut. 
Suatu ketika saya bermaksud membuat nomor urut dengan tinggal drag mouse saja. Namun bagaimana jika tabel yang kita buat memiliki 1 baris kosong antar setiap baris tabelnya? Padahal bila mengetik satu persatu akan sangat lama.
Nah, berikut saya sajikan solusinya dengan menggunakan rumus excel. Agar pengaturan nomor urut bisa secara otomatis
Pengaturan penomoran sesuai dengan data yang ada.
Yaitu penomoran yang muncul secara otomatis pada cell yang terdapat data, jika cell itu tidak ada data maka nomor itu tidak muncul.
Contoh :



Nomor Urut  pada data di atas belum tertulis, kita akan memasukkan nomor urut hanya pada cell yang ada namanya saja. Kita atur dengan menggunakan rumus excel.

Pada cell A4 tulis rumus sebagai berikut:

A4=IF(B4=”",”",COUNTA($B5:B$5,))

Selanjutnya lihat hasilnya di bawah ini.


Selamat mencoba...

Comments